oleh

100 Th Damkar Indonesia: Dampak Serius Kebakaran Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

-Opini-65 views

Opini – Kebakaran yang terjadi di salah satu fasilitas publik Bandara I Gusti Ngurah Rai yang terjadi pada hari Jumat 19 April 2019 jangan dianggap enteng….!!. Saat ini mata dunia mencermati Bali, mencermati Indonesia secara serius terhadap aspek keselamatan (safety). Dari berbagai sumber yang dihimpun, kebakaran di salah satu fasilitas publik Bandara I Gusti Ngurah Rai terjadi sekitar pukul 16.50 WITA. Sampai kajian ini ditulis, masih terus dihimpun sejumlah informasi pendukung sehubungan dengan penyebab dan dampak kebakaran yang terjadi.

Mengapa dampak kebakaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai jangan dianggap enteng?
Dampak kebakaran selain dapat menghilangkan sejumlah nyawa manusia, juga berdampak kepada aset dan juga “future value”. Keunikan Bali sebagai tujuan internasional yang vital dan prioritas di Indonesia setelah DKI Jakarta, dan dunia telah mengenal Indonesia juga antara lain karena Bali, membuat Bali sebagai “kawasan strategis nasional” sekaligus “kawasan strategis internasional”. Walaupun sampai kajian ini dituliskan area bandara domestik yang tertunda akibat dampak kebakaran, ternyata baik area bandara nasional maupun internasional, pada akhirnya tetap membawa nama bandara, nama Bali, dan nama Indonesia. Hal di atas menunjukkan bahwa “future value” bandara I Gusti Ngurah Rai penting sekaligus vital.

PENYEBAB KEBAKARAN
Sampai kajian ini dituliskan, belum diumumkan secara resmi penyebab kebakaran. Namun kita perlu mencermati beberapa hal penting selama operasional bandara I Gusti Ngurah Rai:
1. Evaluasi secara detail
aspek Desain Bandara
(Arsitektur, Interior,
Struktur, ME)
2. Evaluasi Sistem Proteksi
Kebakaran Bandara
(Sistem Proteksi Aktif,
Sistem Proteksi Pasif,
Fire Safety Management)
3. Evaluasi Manajemen
Keselamatan Bandara
4. Evaluasi Manajemen
Operasional Bandara

DAMPAK KEBAKARAN
Sampai kajian ini ditulis, masih dihimpun apakah ada kerugian nyawa dan dampak sejumlah kerugian aset akibat kebakaran yang terjadi. Yang penting dicermati dampak “future value” bandara I Gusti Ngurah Rai yang terbakar menurunkan “citra Bali”, menurunkan “citra Indonesia”.

REKOMENDASI
“Revolusi mental terhadap keselamatan” masyarakat di lingkungan Bali saat mengoperasionalkan Bandara I Gusti Ngurah Rai harus ditingkatkan. Kebakaran pada Bandara Internasional memiliki keunikan dibandingkan Bandara Domestik. Semua mata dunia melihat Bandara Internasional. Bagaimana desain Arsitektur yang terintegrasi dengan desain Sistem ME yang mampu mengantisipasi bahaya kebakaran agar penerbangan yang dilayani tidak terhambat? Sejauh mana peran Operator Bandara yang seharusnya tegas terhadap kualitas desain, kualitas Sistem ME, dan juga kualitas bahan bangunan gedung serta kualitas bahan ME?

REKOMENDASI
Jangan anggap enteng kebakaran yang terjadi secara khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai.
Tingkatkan pemahaman, pengertian, ketelitian dan kualitas mengimplementasikan keselamatan akibat bahaya kebakaran.

Komentar

News Feed